11 April 2011

Part-Time Lageee, Part-Time Lageee

GUE DAPET PART TIME LAGI SAUDARA-SAUDARA!! HOHOHO B)

Mulai aja ya ceritanya? Hari Rabu minggu kemarin gue dan beberapa teman di panggil sama kepala jurusan. Waktu di panggil deg-degkan abis, kirain orang tua mau di panggil gitu. Tapi gak mungkin juga sih, kan gue anak baik~ Dan yak, ternyata gue dapet kerja paruh waktu lagi buat hari Kamis!! Tentunya di tempat yang berbeda doooongs. Cuma sehari, tapi seru!

Kali ini, gue dan 3 orang lainnya (Rafialdi, Pongo, Encek) dapet job di sebuah resto yang baru buka. Eh hmm kayaknya bukan resto deh, kantin aja deh ngomongnya, soalnya itu tuh tempatnya di gedung perkantoran gitu. Tapi tergolong rada "mewah" juga sih kalo di sembut kantin -__-" Yaudah resto aja lah yaaaaaaa. Lanjut...

Layaknya resto yang baru buka, pas kite sampai di lokasi bener deh yang namanya meja dan kursi masih di tata-tata, debu bekas ngebor tembok masih bertebaran, lukisan-lukisan buat jadi penghias dinding juga masih di pasang, meja serving belum pada dilapin. Dan tugas pertama gue dan pongo yang kebagian di service adalah.... merapikan itu semua. Dengan alat bantu sabun pembersih kaca( yang biru-biru itu loh) di tangan kanan dan lap di tangan kiri, kita mulai kerja. Oh iya, gue satu satu nya karyawan ceweknya lho disitu B)

Setelah ngelap-ngelap, tiba-tiba gue di panggil sama mba-mba pengurus resto nya itu, aduh lupa namanya lagi, panggil saja dia Bunga..

Mba Bunga " Husna, sini deh."
Gue *malu malu* "i.. i.. iya?"
Mba Bunga " Kamu bisa ngelukis gak? gambar2 gitu?"
Gue " Lah gak bisa saya. Eh itu rafialdi kayaknya bisa deh. "
Mba Bunga "Oh yaudah." *terus ngomong ke bagian kitchen* "pak, saya pinjem Rafialdi nya sebentar ya!"

Gue dan pongo yang penasaran si Rafialdi di suruh ngapain, akhirnya membututi mereka dari belakang (oke lebay). Ternyata.... disuruh...... ngias daftar menu!! Kirain ngapaeeeeen. Jadi, daftar menunya mereka itu di pampang di beberapa blackboard yang ada dinding terus di tulis pake kapur warna-warni, nah si Rafialdi di suruh ngehias space-space kosong nya sesuai dengan gambar yang berhubungan. Misalnya nih, kalo buat papan yang isinya daftar minuman, gambarnya entar minuman~ gitudeh.

Gak lama, kayaknya si Rafialdi mulai jenuh dan ngasih kapur warna-warninya ke gue dan pongo, terus dia bakil ke dapur ngelanjutin kerjaan. Sisa satu papan yang isinya daftar berbagai jenis mie, nasi, dan bubur. Disitu kite bener2 bingung mau gambar apaan. Akhirnya 30 menit kelewat cuma mandangain papan tulis doang.

Terus tiba-tiba mba Bunga nya tuh dateng, dan ternyata ada menu tambahan dari sang empu restoran. Isinya daftar-daftar aneka bubur manis. Gue mencium bau bau bakalan berhadapan sama si kapur warna-warni lagi. DAN GUE BENAR! Si mba Bunga nya nyuruh gue yang ngelakuin soalnya dia bilang tulisan cewe pasti lebih bagus (dalam hal ini sama tulisannya si pongo). Ya emang iya sih yaaa *lempar poni*

Semua selesai! Meja, kursi dan lantai sudah bersih, papan-papan menu udah kece, resto nya jadi tampak rada beda sama pas kita pertama kali dateng.

Setelah itu? Namanya juga resto baru, peresmian doong! Peresmiannya pake tumpeng bertabur dengan lauk-lauk yang bikin laper. Terus dalam rangka ini juga, resto nya ngasih diskon 20% buat semua makanan. Tapi, sorry aja nih ya, resto ini rada gak singkron harga dan porsinya jadi menurut gue, diskon 20% = harga semustinya makanan itu. Bayangkan.. harga segelas teh manis itu goceng! Gelasnya juga slim gitu, bukan gelas yang biasa ada pegangannya itu lhoo yang gede kaya di abang-abang.

Kembali ke pekerjaan. Setiap resto punya alur pemesanan masing masing. Nah, di resto yang satu ini alur nya adalah: Si tamu dateng -> kita (si waiter) menyambut dengan salam dan senyuman -> si tamu melihat-lihat menu yang terpampang di papan tadi -> si tamu memesan langsung ke kasir -> si tamu dapet nomer -> si tamu milih tempat duduk, menunggu dengan santai -> waiter nganterin pesanan ke tamu dengan ngeliat nomer pemesanannya.

Tapi yang terjadi adalah..

Si tamu dateng -> waiter nyambut -> tamu ngeliat menu dan mesen kekasir -> dapet nomer ->milih meja -> si waiter nunggu makanannya ampe lama -> tamu yang lain dateng -> ngelakuin hal yang sama kaya tamu sebelumnya -> makanan tamu pertama masi belum jadi -> dateng yang berikutnya.. (dan gitu terus sampe rada lama) ->waiter lemes tak berdaya.

Kalo menurut gue sih ya, ini bisa kejadian karena kinerja yang di dapur rada lelet. Kenapa bisa gitu? ukuran dapurnya itu SEMPIT abis. Jadi bisa di pastiiin ruang gerak bakalan terbatas banget dan jadinya pesenan jadi lama deh jadinya. Satu lagi nih, waiter nya itu cuma 3 orang!! BerTIGA! Gimane gak lemes ituu. #sotoy

Sekitar pukul 2 akhirnya bagian service bisa lebih menghandle situasi *azeeek*, yang dateng juga lebih dikit dari pas awal-awal buka. Lalu, sang supervisor nyuruh kita ber4 buat istirahat dulu. Alhamdullilah, dapet nasi padang make ayam bakar + sambel. Itu jadi ayam ter-enak sepanjang sejarah perayaman yang pernah gue makan. *_*

Jam nunjukin pukul 7, udah saatnya closing duties. Ngelap-ngelap meja, nyapu, dan gue tetep menghindari yang namanya ngepel wkakakakak . Karena mba Bunga nya ngeliat kita masih piyek-piyek si mba nyuruh kita buat balik duluan. Yippiii! Terima kasih mba Bunga! Maaf saya lupa nama mu, Mba. Tapi gak akan terlupakan dong jasa-jasa mu. Hiks.

Oh iya, sebelum balik, mba Bunga ngasih kabar kalo kita kerjanya gak jadi cuma sehari doang karena masih nunggu para karyawan tetapnya. 3 teman gue yang lain masih part-time sampai hari Jum'at minggu ini. Gue terpaksa di gantikan karena hari Jum'at nya gue harus ke Semarang. Yak gue ke Semarang! :)

Lanjut cerita gak nih? Yang belum tau kenapa seneng banget ke Semarang, silahkan baca post sebelum ini. Dan alhamdullilah, ternyata kondisi eyang gak seburuk bayangan gue. Gak bisa di bilang baik juga, tapi di bayangan gue tuh pokoknya lebih lebay abis deh pokoknya wkakakak jadi malu sendiri ~_~
Pas ketemu eyang, yang di tanyain ke gue tetep dan selalu "Kamu udah bisa masak apa?" atau nggak "Udah praktek apa aja di sekolah?" Seneng banget kemarin udah punya banyak cerita yang bisa di kasih tau :D

Oke, udah dulu ya. Mau manjat poon pisang dulu (?)

Tidak ada komentar: