5 April 2011

Mellow Mellow Marshmellow

Waktu hari Selasa minggu kemarin, telepon bunyi dan nyokap yang angkat. Gue yang waktu itu lagi libur dan kerjaannya cuma internetan tiba-tiba jadi kesel sendiri. Biasa, kalo telepon dari kamar nyokap di pake, internet rumah bakalan jadi lelet entah kenaps. Terus, gue ke kamar karena battery henpon low dan lalu ketiduran. Tiba-tiba, gue di bangunin nyokap. Dari matanya, kelihatan kayak abis nangis.

Nyokap " Mba, ibu kalo ke Semarang besok gimana?"
Gue " Yah, emang kenapa?"
Nyokap " Eyang masuk rumah sakit."
Gue " Ya ampun. Emm.. yaudah gapapa."

Tapi nyokap tau, "gapapa" nya gue itu sebenernya sangat ada apa apa. Kalo yang udah baca post sebelum gue sebelum ini pasti dia bisa tau deh. Cek nomer 59 dan 64
Malu-malu-in ya? Di situ gue sangat merasa bersalah.

Berlanjut ke hari Kamis, nyokap nerima telepon lagi. Katanya, semua anak-anak nya eyang gue pada pulang ke Semarang. Malemnya pas bokap, nyokap dan gue lagi makan malem bareng habis nganterin gue ke dokter gigi, nyokap dapet telepon lagi dari... entah kakak nya atau adik nya, entah tante/om/pakdhe/budhe gue, ngabarin tentang eyang ti. Gue liat nyokap netesin air mata lagi.

Hari Jum'at nya.Waktu itu, gue balik ke sekolah lebih cepet. Tiba-tiba, nyokap ngedatengin gue dan ngomong kalo eyang ti kondisinya drop dan nyokap pergi ke Semarang hari itu juga. Disitu gue merasa, beberapa hari kemarin, kenapa gue egois banget cuma gara-gara "masalah kecil gue yang rada memalukan" itu? Bedon oy.

Alhamdulillah, gue bisa membuktikan ke nyokap kalo selama 4 hari di rumah tanpa beliau di rumah, rumah masih aman-aman aja. Dan gue gak telat masuk sekolah juga gara-gara gak bisa bangun.

Hari ini nyokap pulang dari Semarang, dan langsung ngegorengin kita (bokap, adek, dan gue) Tahu Pong enak langganan kalo di Semarang. Selesai makan, nyokap cerita tentang keadaan eyang ti saat itu yang kondisi nya gak bisa dibilang baik juga. Gue gak tau persis sakit nya apa, yang gue tangkep dari cerita nyokap adalah hati nya eyang udah gak berfungsi dengan baik, paru-paru nya juga gak bekerja dengan maksimal yang nyebabin eyang sesak nafas terus.

Tapi kata nyokap, eyang ti sempet seneeeeng banget. Soalnya, waktu hari sabtu, ke sembilan anaknya dateng semua dateng ngejenguk. Gue sempet liat mata nyokap waktu lagi cerita, ketawan banget mau nangis tapi di tahan. Disitu gue langsung cepet-cepet ngeles ke dapur, sok-sok bilang mau nyuci piring. Padahal gue udah gak kuat. Hiks.. maap.

Oh iya, gue belum nyeritain yang tentang eyang-eyang gue? Aduh maap -_-"
Jadi, eyang-eyang gue itu merupakan orang tua dari nyokap yang menetap di Semarang. Eyang kung buat yang cowok, eyang ti buat yang cewek, ya lu semua pasti tau lah ya~
Sekitar setahun lebih, eyang kung udah kembali ke hadapan Tuhan. Dan itu bener-bener bikin sekeluarga besar super kehilangan. Dampak terbesar tentu ke eyang ti.

Dulu, jaman-jamannya eyang kung masih di rumah sakit. Gue dan nyokap pernah di kasih tau dari... lupa gue, kira-kira katak gini:
"Mba Rin (nyokap) , ibu sama pipap (panggilannya eyang kung, kayak "ayah" gitu) itu dekeeet banget. Jangan kaget kalo pergi nya dengan jangka waktu yang deket juga."

Setiap nginget kata-kata itu, pasti selalu kepikiran kalo itu beneran kejadian. Umur emang di tangan Tuhan, tapi sayangnya kita gak tau kapan di panggil. Dan itulah yang bikin yang ditinggalkan gak siap, dan kelanjutannya.. tau lah lo gimana.

Sumpah deh rasanya aneh banget. Eyang ti sempet ikut acara kumpul-kumpul kecil sebelum natal di Bogor. Waktu itu, tante gue yang tinggal Belfast pindah ke Indonesia, peresmian rumah gitu lah. Di situ, eyang ti masih sehat, makanannya juga macem-macem. Kita sempet foto-foto :)



Eyang ti, cepet sembuh ya. I miss you. I.. we.. love you. :'')

1 komentar:

Fizela Qarani mengatakan...

eyang ti nya husna cepet sembuh yaa :')