20 April 2012

Au Revoir, Cassis!

Perpisahan awal dari pertemuan yang baru.

Ohayougozaimasu minnasan! 
Sudah tanggal 19 April temanteman~
Hari pertama "kebebasan" ini, gue malah bangun super pagi gara-gara ketiduran di depan tipi. Tiba-tiba niat nulis muncul dan langsung buka blog. 


(silahkan baca post dibawah post yang ini dulu atau ke sini dulu biar afdol gitchuuu. Tapi serah sih mau baca yang mana dulu. Yaudah ya gue mau lanjutin ceritanya nih..)


Gue bangun kayak biasa jam 05.30, makan 2 potong roti, lalu berangkat dengan perasaan yang sedikit berbeda. Gue harus mengosongkan loker gue hari ini. Ini hari terakhir gue PKL di Cassis.
Sampe di loker, karna kebelet pipis gue langsung ke toilet *penting*, sedikit merenung disana, 
"ini hari terakhir gue make lo, Let." Lalu gue meluk dia, karna dia gak bisa meluk gue #yekali

Setelah itu, gue pake seragam kitchen gue, dan langsung bergegas masuk kitchen karna hampir jam 9. 
"Gue harus memaksimalkan hari ini!", teriak gue didalem ati.

Masuklah gue ke dapur pastry, disana ada bang Lukman dan pak Wahyu. Mustinya hari ini bang Lukman libur dan pak Iwan masuk, apa daya pak Iwan gak bisa masuk gara-gara meriang (ketularan gue #plakk). Gue udah sempet pamitan sama bang Lukman kemarin, eh malah gak pamitan sama bos sendiri. Jadi mengganjal..

Hari itu berjalan kaya biasa, membuat compliment breads stengah kilo, lalu membuat pate choux, palmier, dan walnut pie untuk mignardish. Senangnya, hari itu gue diijinin buat chocolate cake sendiri tanpa bantuan (eh dibantuin dikit sih), karena saat lunch ada 2 reservasi yang bikin sibuk.Gue mau bantuin, eh disibukin duluan sama preparing menu a la carte. ._.

"Husna, lu kan hari ini terakhir. Mau ngasih apa ke gue? Alamat rumah apa nomer hape?" tanya bang Aing, becanda. Saat gue lagi buat walnut pie.
Gue hanya tertawa kecil, lalu melanjutkan pekerjaan.
"lah elu, Ing. Hari terakhir masih aja digodain." sela pak Wahyu.
"lah kapan lagi, Be? Besok udah gak ada nih bocah."
****
*Lagi main ke station meat*
"Weh, naaa, hari terakhir ye na!" Sambut bang bucek a.k.a bang Andri saat gue kesitu, dengan cara ngomongnya yang cepet banget.
"Wetss, iya dong bang." jawab gue.
"Besok enak ye, tidur, gak bangun pagi hahahahaha, nonton tipi ye."

Bang bucek ini orang terkonyol di Cassis menurut gue. He has his own style. Doi sering memberikan tips-tips secara gak langsung, cara bekerja yang cepet kelar, cepet break wkakakak. Kalo kata temen gue yg di meat, Dzaki, "Be simple, be bucek".  Sekilas info, doi juga baru jadi bokap lhoo, nama anak nya Luken, Gegara itu jadi sering di panggil papa Andri di kitchen mhihihihihi

****

Dan banyak lagi percakapan-percakapan dengan embel-embel "hari ini terakhir ye, na". Mendadak gloommy gitu buat meninggalkan "comfort zone" ini.

Dan (lagi-lagi)  seperti hari hari biasa, sehabis membuat compliment breads buat dinner, karna sudah jam 3 pula, gue ke loker buat istirahat. Terlihat sepi.. ternyata anak-anak depan (service) pada makan-makan perpisahan di traktir sama GM. -___-"
Sekitar jam 4, gue dan Dzaki membeli sedikit donat buat ucapan terima kasih. Bingung mau ngasih apalagi -_-
Sampe di kitchen yang masih sangat sepi, cuma ada gue, Dzaki, bang Zami, pak Jawir juga pak Amin. Seperti biasa (lagi), gue menunggu adonan roti yg gue buat tadi mengembang, dan lalu mengoveni mereka tray per tray *halah*. Gue menatap roti-roti itu, terus senyum, besok bukan gue lagi loh yg ngoven :'')

Kitchen mulai ramai, dan asik nya lagi pada ngumpul di main kitchen. Dzaki ngambil bungkusan yang tadi dibeli dan membeberkannya di meja station pastry yg di depan. Kami diberi ucapan terimakasih ,gegara itu donat, padahal tidak seberapa dengan ilmu yang di dapat, kami yang harusnya berterima kasih :D

Sekitar jam 6, pekerjaan gue semuanya udah kelar. Tapi gue gak enak buat meninggalkan dapur ini duluan :(( gue nengok ke Dzaki, eh dia masih ngerjain sesuatu gitu. Yasudah deh gue muter-muter main kitchen, dan ujung-ujungnya berakhir di pastry. hahahahahaha. Disana ada bang Lukman dan pak Wahyu yang lagi ngobrol-ngobrol. Lalu gue ikutan, bercanda kaya biasa, dapet wejangan dari pak Wahyu kayak biasa, plus nya dikasih esgrim sample gratisan sama bang Lukman. dan ujungnya berakhir dengan perkataan, "yaudah pak, bang. Saya pulang dulu ya." 
Terus gue nyalamin mereka, dan berterima kasih atas segala ilmu berguna yang gue terima. Gue juga nitip salam dan terimakasih buat si pak bos, pak Iwan.

Jalan lah gue ke main kitchen..gue liat udah mulai pada kerja, dengan senyum yang lebar gue nyalamin semuanya satu persatu dan ngucapin makasih. Semuanyaa, dari bang Oki, bang Zami, bang bucil, kak Ratna, bang Bucek, pak Jawir.. Disaat seperti itu bang Oki yang hobi nyelengkat gue kalo lagi jalan, masih nyelengkat gue. Terus dia bilang, "yang terakhir, na. Besok udah ga bisa lagi" #jgerr
Setelah itu, jalan lah gue menuju sink yang sebelahan sama pastry, disana ada bang Aing, bang Rahmat, dan pak Amin. Gue salaman dan berterima kasih juga sama mereka.. Gak bakal ada bahan godaan lagi di kitchen hahahahaha (baca: gue -__-)

Balik lagi ke loker. Disinilah awal dari semuanya, pula akhir dari semuanya #tsaaah
Di sana ada Okky dan Caludia (temen sekelas gue yg pkl disana juga cuman di service) yg rebek beberesan juga , terus ada kak Dhe, kak Tikachu, kak Tikahost dan mba Yati yang pada lagi sibuk dandan. Setelah mengkosongkan loker, dan becandaan bentar sama Okky, Claudia, kita keluar loker bareng, sekalian mereka mau balikin uniform ke office.
Sebelum balik, salamanlah dulu gue sama semua yang di loker, cipika cipiki dulu, eh diajak ngobrol lagi... bkakakakak

Di depan pintu masuk, sempet ketemu sama bang Alit sama bang Isam (anak service). Terus tiba-tiba keluar deh kak Dhe sama kak Tikahost. Jadilah kita phutu-phutu unyuuw bayeng pake camdig nya Okky :D






Selesai foto, gue liat pak Budi di luar, sekalian lah gue nyalamin dia dan bilang makasih. Pak Budi ini "ketegangan" banget di kitchen, selain para chef-chef nya. Pokoknya, kalo pagi-pagi doi dateng dan nyalamin semuanya sambil becandaan ato senyum, berarti mood nya lagi bagus. Kalo sebaliknya... bisa-bisa seharian gue males lewat station meat -__-" hihihihi, kalo moodnya lagi bagus pak Budi baik banget kok~ *takut di rajam pake meat knife*

Gue jalan pulang.. pas udah sampe depan pintu masuk Cassis, tiba-tiba ada yang manggil. Ternyata di Wandya lari-lari mau ngasih tau kalo semua anak traning yg di Cassis Group di panggil bu Donna ke office. Bu Donna itu HRD nya Cassis, yang bertanggung jawab sama kita semua yg PKL di Cassis Group.

Jadilah gue balik ke pintu belakang, manggil Okky, Caludia sma Dzaki yg masih di loker. Sampe office, semua anak-anak pada ngumpul kecuali Dhana (yg selesai hari rabu dan sekarang lg di jogja -__-), dan 3 serangkai di kitchen Harum Manis Hambali, Fachry, Efod yg hari terakhir malah madol. Bego maksimal -__-" Bu Donna ternyata beliin kita donat~ Sehabis salam-salaman kaya lagi lebaran, lanjut phutu-phutu session 2 deh~ Tapi dari kamera salah satu staff situ, jadinya gak bisa di share kemari. Entar deh di cariin ya :D Karena office nya cilik, dan kita semua banyak, jadi beneran empet-empetan bet itu fotonya kaga boong! Tapi ya namanya phutu phutu unyuuw pertama dan terakhir, ya semuanya harus tetep senyum dums :3

Abis mabok donat, kami semua keluar dari office. Ada yang balik ke Harum Manis, ada yang ke Moya, ada yang ke Cassis tentunya. Ada yang lanjut kerja karena masuk middle. Ada juga yang pulang ke rumah karna masuk morning, kaya gue :'>

Dan terntunya... yak! Phutu phutu unyuuw last session!






Ini gue beda sendiri gitu deh, udah mau pulag kan jadi gue udah ganti baju ~_~

dan akhirnya saya beneran pulang deh..

Terimakasih buat chef Stephane(pas salaman doi tetep gak bisa manggil gue husna, malah Yukska ._.), pak Cipto (yang ngurus gue+Dzaki selama di Cassis), pak Jawir, pak Budi, pak Visa+ bang Bucek (yang kocak abis dan bikin betah main-main ke meat) , bang Bucil, kak Ratna (teman pertma di Cassis), kak Nunung, bang Zami, bang Oki (yg hobi nyelengkat kaki dan nyolek2 gaje), bang Yuli (yang hobi nanyain kabar gue setiap ketemu), bang Aing, bang Rahmat, pak Amin, bang Zamzam (empat orang yg bikin suasana tegang kitchen mencair). Special thanks buat pak Iwan( buat ilmu tentang pastry, dan teman curhatan hidup), pak Wahyu (wejangan, ilmu tentang roti dan cara bekerja yang rapi dan bersih), bang Lukman (buat ngijinin gue nyoba macem-macem hal, dari buat roti, manggang roti, bikin saus deelel dech) yang sabar banget ngajarin gue dari kosong sampe penuh meluap-luap sama ilmu gini. Mereka semua gak bakal, dan gak akan bakal gue lupain! Bagian dari kisah sukses gue dimasa yang akan datang huohohohohok amiiiiin B)

So long Cassis Fine Dinning Resto, ketemu lagi pas ada tawaran part time yaa \(^o^)~

Gue ulang , perpisahan awal dari sesuatu yang baru.. hay laporan PKL.. *stress mode:on*

Cheerio!



source: all image from fesbuknya Okky ^^

1 komentar:

Cend! mengatakan...

masih ngga kebayang besok pkl saya gimana ya na........ -_-