25 Maret 2012

Praktek Kerja Lapangan!

hola!
Gue terlalu capek ternyata buat nulis cerita tentang PKL ini kalo musti dibagi jadi beberapa part. Jadi, bakal gue ringkas di post ini. Semuanya di ulang dari awal. Kita mulai..

Gue sedang menjalankan Praktek Kerja Lapangan atau bisa lo singkat dengan PKL atau basa asiknya magang, di dapur sebuah restoran eropa yang bertitel "fine dinning resto". Yoi, yang sendok, garpu, pisonya banyak, yg jadwal keluar makanannya di atur dengan porsi "gak seberapa" yang berbanding terbalik dengan harga per porsi. Udah ada bayangan?


Nama restonya Cassis, cassis itu artinya blackcurrant dari bahasa Prancis. Yak, resto ini rata-rata menjual masakan dari negara yang terkenal dengan keromantisan menara Eiffle ini. Apa disini chef nya bule? Yak, manusia paling putih di kitchen ini namanya Chef Stephane, kalo di kitchen akrab dipanggil.. kalo gak chef, stipen, stepan atau si bule. Eniwei, doi Head Chef nya Cassis. Lalu, di bawahnya ada Chef Cipto, gue biasa manggil dia Pak Cipto. Doi ini Sous Chef nya Cassis. Doi juga yang "mengurus" dan mengatur gue dan temen gue satu lagi yang di kitchen, Dzaki, selama PKL disana. Dari ngurus jadwal, sampe tempat ngasi kabar kalo kita berdua lagi berhalangan masuk. Dibawahnya lagi ada Pak Jawir, Jr. Sous Chef. Wakilnya pak Cipto yg ngurusin kite berdua.

Kitchennya Cassis cuma dibagi 4 station; Garde Manger (baca: garde manse), Fish, Meat, dan Pastry.
- Garde manger bergelut dengan sayuran.. juga yang mengurus makanan pembuka (appetizer), macem soup dan salad, juga ngurus garnish buat appetizer dan maincourse. Selain itu, mereka juga punya tugas nyiapin butter sebagai temannya bread, Di Cassis, tamu yang dateng dapet 2 jenis butter, butter ori #halah sama tomato butter, campuran dari puree tomat dan butter. Di bagian ini ada Kak Ratna, satusatunya perempuan di kitchen, dan Bang Bucil.
- Fish bertugas buat nyiapin dish yang berhubungan dengan seafood. Mulai dari ikan, kerangkerangan, dan tentunya escargot doongs~ Kalo dibagian ini ada Bang Oki, Bang Yuli, dan Bang Zami.
- Meat? Pastinya berhubungan dengan daging-dagingan. Mulai dari daging ayam, bebek, angsa, lamb, sampe babski a.k.a pork a.k.a babi. Di bagian ini ada Pak Visha, Pak Budi, dan Bang Andri/Bucek. Ditambah dengan si Dzaki.

Dan.. station terakhir.. tempat gue menuntut ilmu saat ini. Pastry! Bagian yang pekerjaannya paling banyak! Serius lhoo gue. Mulai dari ngurus bread (yang dipake garde manse juga), dessert (termasuk cake dan fruit), orderan cake, compliment cake tamu... wuoooh bizi abis deh sobbb! Kalo di pastry, ada Pak Iwan, Pak Wahyu, dan Bang Lukman.

sarang ilmu selama (hampir) 4 bulan ini
Tugas rutin setiap pagi adalah buat bread. Pekerjaan dimulai pukul 8.30, tapi gue punyakewajiban masuk jam 9. Jadi gue bantuin Pak Wahyu atau Bang Lukman "membentuk" adonan-adonan roti itu. Eniwei, breadnya ada 3 jenis, yang pertama baguette (tau kan roti prancis yang super panjang? nah itu! tapi versi pendeknyaa) yg teksturnya keras, lalu white roll yang lembut dan gurih, dan parmesan yang gurih dan bikin nagih! hihihik
Setelah buat bread, biasanya gue diberi tugas buat bikin eclair (sus yg memanjang) buat Mignardises yg merupakan snack pendamping sambil nyeruput teh atau kopi.

Abis itu? tergantung stock produk yang habis apa. Alhamdulillah, produk yang udah bisa gue bikin tanpa minta bantuan cukup banyak. Mulai dari lemon pie, walnut pie (mignardises juga), red velvet, apple gallette, chocolate fondant, dan berbagai tuil. Tenang-tenang gue jelasin berbagai nama yang asing ini..
Kalo red velvet kayaknya udah banyak yang tau ya?

Loncat aja deh ye ke apple gallette~ Dessert yang satu ini terbuat dari adonan puff pastry yang digulung tipis.. terus tengahnya di kasih almond cream yg di kelilingi oleh irisan tipis apel. Lalu di springkle dengan sugar, brown sugar dan cinnamon~ Rasanya asem.... Maka dari itu pas platting di temenin sama vanilla ice cream~ :9 Lanjut.. chocolate fondant! Ini bikinnya gamfang farahhh, terbuat dari campuran dark coklat, milk coklat, dan butter yang dilelehin dalam satu bowl. Lalu di campur dengan kocokan telur dan tepung. Masukin ke cetakaaan, dan ditengahnya dikasih semacam coklat lagi (gatau namanya apa ._.). Dish ini baru masuk oven 10 menit sebelum di sajiin. Jadi, coklat yang ditengah tadi meleleh.. sedangkan luarnya seperti cake biasa. Kalo menurut gue ini makanan terlalu "coklat benget", sooo temen pendampingnya adalah malaga ice cream dengan mango sauce~
Dan.. terakhir tuil. Tuil itu.. bisa dibilang garnish nya laah yaa. Cuman doi ada yg dari tepung, coklat, kacang. Ada Cigarette tuil yg menjadi teman buat ice cream, bentuknya ya.. kaya rokok gitu deh, rasanya macem semprong. Terus ada fondant tuil yang bentuknya melingker abstrak buat chocolate fondant, ada juga tuil grue yang terbuat dari coklat grue, almond slice, gula, dan orange juice. Beda lagi dengan Apple chip dan lemon chip, buat garnish apple gallete dan lemon pie. Terbuat dari apel/lemon yang di slice tipis pake slicer terus di rendem bentar pake simple sirup a,k,a air gula, terus di oven sampe kering~

Nah, kira-kira segitulah yang ilmu yang saya dapet selama hampir 4 bulan di Cassis. Lumayan kan ya? B)

Eniwei, alhamdulillah karyawan-karyawannya baik dan ramah sekali. Mau ngajarin dan gak pelit buat bagi ilmu. Misalkan pak Cipto, biarpun doi jauh banget diatas gue, cuman gak sombong buat bagi tips dan trik seputar kuliner. Kalo di pastry ada Pak Iwan yg mahir banget soal pastry, dan Pak Wahyu yang mahir soal roti dan kerja dengan rapih, juga gak ketinggalan Bang Lukman yang baik banget yang mau ngedampingin gue sampe bisa ini itu. Untung gue gak lemot B)
Sisanya? juga sama koook~ Pokoknya setiap ada barang, bahan yang asing, terus gue dan Dzaki nanya, pasti di jawab. Anak-anak kitchen juga sering banget ngumpul di kitchen pastry buat ngobrol-ngobrol, jadi makin akrab deh! :D
Hmm selain ilmu tentang kuliner, disini wawasan gue tentang kehidupan juga meluas sob.. Karyawannya demen banget curhat tentang permasalahan hidup. Jakarta beneran keras sob!

Selain anak-anak kitchen, ada juga bagian steward. Mereka yang bertugas buat menjaga kebersihan dapur, dan tau persis letak semuaaaa pelatan yang ada. Ada Pak Amin (sang ketua), Bang Rahmat, Bang Aing, dan Bang ZamZam. Mereka semua juga gak sok, dan ramah... dan ganjen -__-"

Setiap hari Sabtu ada yang namanya general cleaning. Jadi seluruuuh kitchen di bersihin ampe kinclong. Siapa yang beresin? Tentunya tugas anak kitchen dan steward doongs! Kalo kata buku PPKN , bertenggang rasa untuk bergotong royong. eaak

Hmmm.. gue mulai kerja di Cassis dari 19 Desember 2011. Targetnya sihh 4 bulan gue disitu, jadi sampe 19 April 2012! 3 more weeks, sob!! Abis itu ngejar target buat bikin laporan deh supaya dapet sertifikat. HUBAHUBAAA doakan aku ya teman-teman!

Ohiya, kali-kali mau mampir gitu kan yaaa ke Cassis bisa di cek di >> sini<< cuman emang menu nya kurang update. -__-"

Sepertinya segini dulu, see you in next post :)
Cheerios!



1 komentar:

outbound Malang mengatakan...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.