29 Oktober 2010

Java-Bali Over Land Tour 2010!!

Heyya blogwatcher!!!
Pislupengahul~

Tanggal 18-25 Oktober kemarin, gue pergi menjelajahi Pulau Dewata a.k.a Pulau Bali! Gue gak pergi bareng keluarga, soalnya kegiatan yang namanya Java-Bali Over Land Tour (JBOT) ini merupakan kegiatan yang WAJIB dilakukan anak kelas 10 sekolah gue~

Dibilang wajib karena emang semua siswa sekolah gue musti ngikutin itu. Kalo misalkan, waktu kelas 10 dia gak bisa ikut JBOT karena ada sesuatu, dia harus ngikutin kegiatan itu waktu kelas 11. Kalo gak bisa pas kelas 11? Ya lanjut lah pas kelas 12..

JBOT bukan sekedar berwisata, dan emang bukan berwisata tujuan utamanya. Melainkan, belajar di luar atau apasih itu namanya.. oh iya, study tour! Yap, di situ gue harus membuat laporan tentang kota-kota yang dilalui menuju Pulau Bali, dan informasinya itu didapat dari siswa-siswa yang bertugas menjadi tour guide. Per-kota, Per-siswa. (Gue dapet kota Probolinggo loooowch) Selain kotanya, gue juga harus menulis laporan tentang objek wisata yang di datangi, terus informasi hotel yang diinepin.

Na, kalo misalkan per-kota per-siswa, berarti lo gak tidur dong?

Yoii. Dari pagi ampe siang, emang gak boleh tidur! Kita harus dengerin temen guiding, kalo mau laporannya lengkaaaap~

Oh iya, sekilas tentang bis yang gue tumpangi. Nah, gue kebagian di bis 3 dengan pembimbing pak Daryono dan chaprone (kakak kelas 12 yang ikut membimbing) Kak Martha dan Kak Dasha. Fyi, jadi chaprone itu susah men! Seleksinya ketat, dan musti pinter. Soalnya semua biaya JBOT nya di tanggung sekolah. Keren gak tuh? Mauuuuuu

Lanjut ya?

Sebelum sampe Pulau Dewata, gue sempet mengunjunggi gunung keren bernama Gunung Bromo. Kenapa keren? Karena disitu ada padang luas kayak padang pasir yang bisa di pake buat bikin video clip sambil nunggang kuda. Kayak lagunya Bang Rhoma yang baru itu lhooo (oke ini ngaco) Yang bener, karena di kaki gunung ada sebuah Pura bernama Pura Luhur Poten, yang fungsinya untuk berdoa kepada dewa-dewa ya kaya pura biasalah tapi lokasinya itu yg istimewa!
Yang lebih kerennya lagi, gue berhasil sampe puncaknya men!! Setelah melewati padang pasir.. bukit bukit yang rada curam... dan anak tangga yang berjumlah 346 buah eh apa 246 ya? (hasil itungan gue). PEMANDANGAN YANG SUPER COOL!

Nah nah nah, kalo selama perjalan menuju Bali, gue dan teman-teman harus jadi guide, di Bali pekerjaan itu berhenti karena ada local guide nya. Bis saya kebagian bli (panggilan sejenis mas di Bali) yang pualing ganteng looh hahaha. Namanya bli Tommy atau bli Putu. Karena dia ganteng, bis gue manggil dia bli Bagus (ganteng). Sedikit info, kalo di Bali cewek itu di panggilnya "mbok", terus kalo bahasa Balinya cewek cantik banget itu mbok jegek meketek ketek huahahaha lawak abis ye.

Hari pertama, kami berkelana ke sebuah lokasi patung yang (rencananya) merupakan patung terbesar di Asia eh apa di dunia ya? Bernama Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Patung buatan I Nyoman Nuarta ini maish dalam hujud terpisah pisah, kalo di gabungin bakalan gede banget! Lanjut bermain water sport di Pantai Tanjung Benoa, Nusa Dua. Saya main parasailing looh. Dan perjalanan hari pertama di akhiri dengan bersukacita di Pantai Kuta! Main pasir, main ombak, foto sama bule~ huaaaa! Coba gak ujan, bakalan ngeliat sunset tuh a.k.a matahari terbenam..

Hari Kedua, bukan hari yang menyenangkan. Karena kedatengan tamu bulanan disaat semua objek wisata berhubungan dengan PURA! Yang pastinya gak boleh di masuki orang dapet. Kan tempat suci.
Di hari itu, kami berkelana ke Sangeh, dimana disitu tempat monyet-monyet gaul nan funky beraksi. Kenapa gaul? Karena itu monyet kalo ngambil barang, tau aja mana yang bagus. Entah itu topi, kacamata item, kamera.. ya barang-barang yang kalo di bayangain monyet yang make bakalan jadi monyet terkeren sedunia! Oh iya, Pura di Sangeh namanya Pura Bukitsari.
Lalu, perjalanan di lanjutkan dengan pergi makan sianh di sebelah Danau Bedugul yang dingin tapi kereeeeen!
Perut kenyang, lanjut ke Tanah Lot, yang lagi-lagi ada pura nya yang gue lupa nama-namanya. Disitu gue juga melewatkan memegang Ular Suci karena alesan dapet juga. Oh iya, pura di Tanah Lot yang paling keren adalah pura yang ada di atas batu karang! Pas gue kesitu lagi ada upacara untuk memperingati bulan purnama kalo gak salah.
Tujuan akhirnya melihat salah satu tari tradisional Bali yaitu Tari Kecak. Waktu foto bareng lakon-lakonnya, gue foto di samping yang jadi Hanoman lhoooo :D

Hari terakhir di Bali! :(
Berkunjunglah kami menonton tari tradisional Bali lainnya, yaitu Tari Barong. Tari Barong menceritakan tentang kebaikan dan keburukan. Di situ, Barong merupakan simbol dari kebaikannya dan Rangda menjadi simbol keburukannya~

Karena hari terakhir, malamnya ada farewell party a.k.a pesta perpisahan. Karena kan besok udah pulang ke Jakarta. Huoo jadi sedih~ Di farewell party, setiap bis musti nampilin performance. Dan bis saya menampilkan berdendang dengan bergitar. hohoho. Dan pesta perpisahan di akhiri dengan lagu lagu asik dari band lokal yang nyanyiin lagu-lagu kite kite anak mude gitu laah. Joget joget deh~

Eh itu gak belanja-belanja? Gak enak bener.

OH IYA LUPA! Belanja dooong! Saya mengabiskan pipis di Joger. Karena gue gak pinter nawar, jadi gue cuma menghabiskan sedikit pipis di Sungkowati huehehehe

Ih apa sih lo pipis pipis. Jorok ah!

Wooo lo aja yang otaknya jorok nih. Pipis itu kalo di Bali artinya money/duit/piti. Jangan asal nuduh dong #sewot :P

Mau liat foto-foto saya selama JBOT? Yang mau lanjut baca, yang gak mau pulang sana! #ngusir CANDA ^_^

p.s: Gue harus cepet-cepet bisa bikin spoiler!!!



GUNUNG BROMO!!


PANTAI TANJUNG BENOA!!


PANTAI KUTAAAAA!!

Di belakang itu bagian "langan" nya pohon Lanang Wadon di Sangeh. Di ambil dari kata "lanang" yg berarti cowo dan "wadon" yang berarti wece. Di beri nama gitu soalnya bagian depan menyerupai "anunya" woco dan bagian blakang menyerupai "anunya" wece.



TANAH LOT!!
Anak kecil ini dari Denmark, gak tau namanya siapa. Lucu benge kan? Gedenya pasti ganteng :3


FAREWELL!! :'')
Dan sekian lah Java-Bali Overland Tour 2010! Dadah anak-anak bis 3. Makasih Kak Martha, Kak Dasha, Pak Daryono atas semua bantuannya! Doakan saya jadi chaprone teman-teman! HAHAHA B)
Hasta Luego!

Tidak ada komentar: