12 Oktober 2010

Tiga Buah Sepuluh

Heyya blogwatchers! Lama tak bersua kawan!

Beberapa hari yang lalu, baru aja ngelewatin sebuah tanggal dengan kombinasi yang unik di tahun ini, yaitu ;

10.10.10

Yap, 10 Oktober 2010. Dimana kalo misalnya ada tanggal-tanggal bagus kayak begini nih, pasti banyak dipergunakan untuk bikin acara. Entah itu dari acara sekolah/kampus , pernikahan, atau tanggal untuk melahirkan anak. Dengan tujuan supaya bikin acara mereka tuh memorable.

And. Yang gue tau nih, ada 2 acara keren pada tanggal segitu! Dan salah satunya daku datangi looh :D

1. Pasar Seni ITB 2010

SAMPURASUN!

"Pasar Seni ITB ke-10, pada 10-10-10, di ITB Jalan Ganesha 10, dan hanya berlangsung 10 jam saja. Datang tahun ini atau silahkan tunggu 4, 5, bahkan 6 tahun lagi."

Ini kalo kakak gue gak ngajak, gak bakal tau deh gue ada acara ini! Yang dateng ga cuma warga ITB doang looh tapi juga warga universitas seni rupa luar ITB, warga Bandung, bahkan ampe luar Bandung! Nah, acara ini di gawangi sama anak-anak fakultas seni rupa di ITB atau FSRD. Di Pasar Seni ITB 2010, di bagi menjadi 2 zona. Yaitu, Zona Melupakan, Zona Mengingatkan.

Kalau di Zona Mengingatkan, isinya itu tentang segala hal yang saat ini ada di sekitar kita tapi kita lupain gitu aja. Ada tempat yang kayak sawah sawah gitu, yang padinya udah di tanem dari lama sebelum acara berlangsung, di sebuah polybag (kantong plastik untuk menanam tanaman). Di situ, kita di ingatkan ke masalah pangan di Indonesia.
Terus ada sebuah area, dimana alat-alat elektronik kita tuh gak dapet sinyal sama sekali! Namanya wahana No Network Coverage.. Maksut dari wahana ini itu untuk nyindir kite-kite anak muda, yang lebih suka kehidupan sosial di dunia maya, padahal jauh lebih punya teman banyak di dunia nyata.

Di Zona Melupakan, mengajak kita sejenak melupakan berbagai macam hal di dunia nyata. Ada satu wahana yang gue masukin namanya wahana Ta-masamasya. Disitu di bagi lagi jadi dua wahana, ada Kamar Vibrator yang mengajak kita untuk merasakan guncangan gempa, dan Lorong Ilusi Waktu yang berisi bermacam-macam prediksi hal-hal masa kini kalo di masa depan tuh kayak apa gitu loh~ Tapi maaf banget, rada fail. Gue ga berasa lagi di abad 24 ato 30 gitu..

2. Flash Mob Indonesia!

Ya ya ya, satu acara yang pengen gue ikutin BANGET! Tapi sialnya bentrok sekali dengan Pasar Seni.

Eh, Na. Emangnya flash mob itu opo ta?

Haduuuh, oke oke gue jelasin. Flash mob itu ngelakuin hal singkat secara bersama-sama di sebuah tempat, keliatannya sih mendadak gitu, tapi sebenernya udah di rencanain. Nah, di berbagai belahan negara tuh udah ngelakuin hal ini. Dan sekarang saatnya Indonesia membuatnya! HA HA HA. Udah ngerti?

Belom na. Video dong kasih video!

Sip lah! Ini dia.. The Biggest flashmob in Indonesia!


FYI. Di Pasar Seni juga ada flashmob loh! Kalo mereka bentuknya bukan dance, tapi menyanyikan mars ITB kalo gak salah. Dan sebelum Pasar Seni ITB itu berlangsung, ada pre-event nya, salah satunya namanya freezemob, itu salah satu bentuk flashmob juga, check this video:

Dan.. Pada tanggal 10.10.10, gak cuma kesukacitaan yang gue dapat. Guru matematika di SMP gue, bapak Nandang Rochman, di panggil oleh yang Maha Kuasa.


Dimulai pada tanggal 9 pagi, almarhum masuk rumah sakit karena ada pendarahan di otak. Dari kabar yang gue denger, disitu almarhum sudah hidup dengan bantuan alat-alat medis. Dan tanggal 10 jam 9 malam, gue dapet sms kalau alat-alat medis itu akan di cabut dan segala obat-obatan di berhentikan, gue gak tau alesannya kenapa. Gue gak terlalu mengikuti perkembangan karena pergi ke Pasar Seni. Terus, ya gitu.. gue dapet sms lagi kalo pak Nandang udah meninggal. Bodohnya, gue baru liat sms itu jam 12 malem. Sedangkan sms itu masuk jam 20:32. Berarti sebelum alat-alat medis itu di cabut dong ya? Hem.

Yang bikin gue terkesima, takjub gak karuan adalah almarhum dicintai banyak orang. Hampir seluruh siswa SMP + alumni dan guru-guru ikut berbondong-bondong ke tempat peristirahatan beliau. Dapet kabar lagi, kalo sampe nyewa bus saking banyaknya yang ikut. Yap, sialnya lagi gue gak ikut karena musti ulangan. Maapin saya pak :''''(

Tapi dipikir-pikir itu hal yang pantes di terima pak Nandang. Di cintai banyak orang. Pak Nandang merupakan salah satu guru favorit gue, dan gue matematika terbaik yang pernah ada. Dan gue yakin semua anak didiknya berpendapat sama kayak gue. Almarhum bener-bener punya goal untuk bikin anak didiknya maju, bukan sekedar ngajar doang. Pak Nandang juga punya selera humor, asik, gaul, iseng, bisa main gitar sama nyanyi pula. Dan gak lupa juga, rasa nasionalisme nya. Pak Nandang selalu ngajarin semua anak didiknya untuk bener-bener "ikut" dalam upacara bendera, kata kata yang gue inget..

" Berdiri yang bener! Tangan dikepal! Mata lurus ke depan! Hormat yang benar! "

Hal itu rutin almarhum ucapkan setiap upacara hari Senin dan upacara 17an. Dan di ucapkan tanpa bantuan mic. Suara almarhum super lantang dan keras. Itu yang membuat almarhum terpilih menjadi pembimbing buat ekskul paskib.

Oh iya, barusan aja gue dapet sebuah video isinya pendapat pak Nandang tentang anak didiknya , 3 tahun lalu.. Sial men, video nya di facebook, ga bisa di share di sini. Begini kira-kira:

"Anak-anak disini sangat nakal. Nakal-nakal sekali. Tapi, nakal nya anak-anak.. ya kalo nakal wajar! Dari pada nanti udah pada gede pada nakal, mending sekarang nakalnya. Lebih baik bekas orang nakal, dari pada bekas orang baik. Yang penting nanti kalo kamu sudah dewasa, menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab."

Selamat jalan ya pak Nandang. Saya, kita semua, bakal selalu inget sama jasa-jasa bapak!
p.s: Thanks buat Bu Adi Tri, atas kumpulan foto-foto pak Nandang. :)

Hasta Luego!!

1 komentar:

Andhi Ojol mengatakan...

Ada yang tau jelas, tempat pemakaman nya pak nandang, di babelan dekat mana nya?