12 Februari 2011

Kerja Paruh Waktu

Halo sob! Assalamuallaikum!
Sorry banget nih, baru bisa cerita di sini sekarang. Biasalah kan gue sibuk ngegaul, dan menggauli *eh?* NGGAK DING!

So.. may. Gue punya cerita, masih seputar pengalaman kehidupan SMK gue. Pengalaman baru. Untuk pertama kalinya.. gue.. kerja.

Di sekolah gue, sebelum kita PKL pas kelas 2 entar, kita bakal di kasih tawaran-tawaran kerja paruh waktu, yang kalo anak gaul kaya gue biasa nyebut itu dengan "part-time job" *azeek* Itu dilakukan supaya, para siswa seenggaknya gak kagok dengan suasana dunia kerja, pas PKL nanti.

Ini udah rada lama sih. Akhir bulan kemarin tanggal 29 dan 30 Januari, kelas gue, mendapat tawaran part-time di sebuah Balai Sidang di kawasan Senayan. Setelah dapet info tersebut dari Kajur (Kepala Jurusan), sekelas langsung bersorak-sorai riang gembira. Ada yang loncat-loncat, ada yang teriak, ada yang goyang trio macan. Pokoknya lebih norak dari orang norak yang baru ngeliat peniti. Kenapa demikian? Karena kita semua belum pernah kerja sama sekali dan layaknya manusia normal.. dapet GAJI. DAPET DUIT MEN! DAPET DUIT! $_$

3 hari sebelum hari H, kami mendapat kesempatan ikut briefing untuk hari H nya. Sampai di lokasi, kami ternyata harus masukin atau punch in kartu kehadiran ke alat yang ada jamnya itu lhoo, kaya orang kerja beneran! Suasana pun makin norak. Rame cari nama kita di kartu, rame rebutan punch in ke alat tersebut, rame naruh kartunya lagi . Oh iya, kami ber-36. Bayangkan!

Setelah punch in, kami di giring sama bapak-yang-ditugasin-manggil-kami dari sana nya ke salah satu ruang meeting di tempat itu. Tepatnya, tempat briefing di laksanakan. Ternyata, yang ikut briefing gak cuma dari sekolah kite doang, ada lagi satu SMK lain yang ikut serta. Jumlah nya lebih banyak dari kite, gue gak kebayang gimana noraknya mereka pas punch in.

Sekitar jam 12, kita di kasih waktu buat istirahat. Menuju kantin karyawan di balai sidang yang kayak kantin sekolah bule-bule negri sebrang. Oh iya, gue baru tau setelah di kantin, bahwa anak-anak yang dari SMK sebrang itu udah sering part-time di tempat ini. Jadi bisa di pastikan mereka gak norak kayak kite-kite ini pas punch in. Sedih..

Selesai makan. Masuk lagi ke ruang tersebut. Jam 3, kami pulang dan punch in lagi. Dan norak lagi. Ada kabar gembira kalo hari itu udah diitung hari masuk kerja. Mantab.


H-1. Malem harinya, gue kena sindrom. Sempet gue tweet di twitter gue @UkrinaSays *promo*
oke, saya tau itu gak jelas.

Part-time Job: DAY 1

Gue tetep masuk sekolah kayak biasa, karena part-time baru mulai jam 3 sore. Sial..
Jam 11.30 kita balik, I-Sho-Ma, lanjut ke tempat kerja langsung dari sekolah!
Sekitar jam 1 kita sampe, langsung ngambil baju untuk kerja hari itu. Oh iya, di hari itu yang kerja hanya 20 orang aja jadi gak norak-norak banget pas punch in. Kita ber-20 kebagian kerja di bagian Cathering Operation, bertugas sebagai front line untuk menghidangkan makanan-makanan ke tamu. Yoi, waiter and waitress.

Kita udah stand by di tempat berlangsung nya acara sekitar jam 4, padahal acara mulai jam 7. Di malam itu bakal berlangsung gala-dinner yang dibuat oleh suatu perusahaan asuransi jiwa. Sebelum acara, kita dikasih tau mana aja meja yg harus di handle. Untunglah hari itu 1 orang cuma 1 meja. 1 Meja isinya udah 10 orang!

Makin deket waktu nya, gue makin deg-deg-ser. Untunglah gak kebelet pipis, karena toilet nya lumayan jauh. Gue deg-deg-ser karena takut melakukan kesalahan. Ini kali yang pertama sob! Gue liat wajah teman-teman gue yang lain pun, sama nervous nya. Gue cuma berharap, gue, kita semua gak ngelakuin kesalahan yang bodoh. Huh-hah!

SHOW TIME! Seperti gala-dinner yang biasanya sendok, garpu, dan pisaunya banyak. Juga makanan yang bertahap tahap. Makanan yg pertama kali di keluarkan ada roti dan butter. Setelah itu lanjut ke appetizer nya soup and salad. Dari appetizer, di keluarkan lah main course yang piringnya beratnya naujubillah minzalik. Disini lah gue melakukan kesalahan.

Mau masuk ke dessert, semua peralatan makan main course kan harus di angkat. Karena tau semua itu beratnya naujubillah tadi, gue memutuskan untuk membawa nampan sebagai alat bantu. Sialnya, persediaan nampan gak cukup untuk semuanya termasuk gue. Akhirnya, dengan modal nekat gue membersihkannya tanpa bantuan nampan, dengan ide awal 2 kali bolah balik. Jadi sekali jalan bawa 5 piring. 5 piring pertama... sukses.. 5 piring berikutnya.. karena ada salah satu tamu yang makannya gak abis, gue harus ngebersihin piring orang itu dulu biar bisa di tumpuk.Gue yang biasanya ngelakuin hal itu di atas meja, jadi bingung sendiri. Karena gak mungkin kan gue ngebersihin di atas meja yg banyak tamunya? Modal nekat bagian 2, piring dengan sisa makanan tersebut gue tumpuk aja. Masalah pertama selesai. Masalah selanjutnya, ngambil peralatan makannya. Gue harus megang 5 piring berat-yg-masih-ada-isinya-yg-bikin-tambah-berat dengan satu tangan, supaya tangan yg lain bisa ngambil peralatan makan. Akhirnya, semua bisa gue ambil dengan kepegelan tangan yg luar biasa.

Karena tangan gue yang makin melemas, tiba-tiba peralatan makan yg gue tumpuk di bagian atas piring, jatoh semua!! Untunglah jatuhnya udah lumayan jauh dari barisan meja tamu. Gue dibantu oleh kaptennya. Untunglah gak di marahin T_T

Acara yang mustinya selesai jam 11, lembur jadi jam 1. Nyokap yang udah ngejemput di lokasi dari jam 10 rada ngomel karena lewat jadwal. Sedangkan gue dan para siswa cewek yg lain harus sampai sini lagi besok sebelum pukul 07.30 untuk tugas berikutnya... The most tired day of my intire life! But fun too!

Part-time: DAY 2

Semua wece di kelas gue kebagian shift pagi, dan cowok shift malam. Para wece yang ikut part-time kemarin malamnya, pada molor nyampe di tempat kerja whahahaha. Gue pas pas-san. Pukul 07.30 gue baru punch in.

Di hari kedua, dengan tenaga-baru-tidur-2jam gue mulai menjalan kan tugas. Kali ini, yang kita layani adalah acara makan siang orang-orang yang menghadiri acara pendaftaran anggota sebuah partai. Jumlahnya? Kalo kemarin malam 200-an orang. Yang ini 1000! Lebih mungkin o_o

Gue gak kebayang gimana jadinya.. Lutut lemes di tempat setelah mendapat info itu. Karena telat, gue dan beberapa teman gak ikut briefing sebelum kerja. Jadinya kami bingung dapet tugas dimana. Akhirnya ditempatin deh di bagian ngebersihin alat makan untuk makan siang dengan buffet style. Setelah selesai mengelap semua alat makan itu. Kami ke tempat berlangsung nya acara. Di sana ada temen-temen kami yang lain yang gak telat.

Karena makan siang, kemungkinan acara di mulai sekitar jam 11 atau 12. Saat itu, jam menunjukkan pukul 9. Berarti musti nunggu.. Kami kumpulan para wanita gila, melakukan hal-hal sinting. Bercanda-candaan aneh sampe sang capten geleng-geleng kepala.

Sudah pukul 12. Tapi gak keliatan tanda-tanda datang nya mereka. Kita yang tadi nya semangat, jadi loyo, ngantuk. Pengen rebahan di lantai, sambil teriak "WOOOY MAKAN GAK LO! CAPE NUNGGUNYE!" Bayangin woy, berdiri nungguin lu semua dari jam 9 ampe 12 wooy! Maaf ya, kesel nih.

Dan pada akhirnya, mereka dateng juga, sekitar pukul 1. Gue kaget pas mereka semua dateng, BANYAK BANGET! Dan dateng nya bener-bener, BRUUUUUUK! BARENGANGAN! Muka yang tadi nya kesel, harus diubah 360 derajat buat nyambut mereka semua.

Kali ini, konflik di mulai karena makin lama, stock air putih habis. Orang -orang yang gak kebagian meja, otomatis gak dapet water goblet. Di dapur, kami semua berebutan water goblet. Disini ketawan banget mana yang licik. Gue sempet dilicikin sama senior disitu. Water goblet gue diambil disaat gue mengisi water goblet yang lain. Kesel bagian 2.

Pukul 3 lebih-lebih dikit, mereka semua cao! Kita pulang sekitar jam 4 dengan muka senang. Kenapa? tet tot tet tot tet.... Pemberian gaji! :D
2 hari kerja+ briefing sebelum hari H, gue mendapatkan 3 uang biru. Lumayan...

HUH-HAH! Ternyata kerja itu berat ya. Gue jadi sadar, bokap kerja ampe malem itu capek banget. Gue kira kerja sama sekolah 11:12! Waaaaaay harder, more tired! Biarpun capek, disamping gaji nya lumayan, pengalamannya itu sebenernya yang berharga. Gak kapok deh gue ngambil part-time job lagi!

Na, boleh tau gak gaji pertama lo di apain? ;)

Barusan gue bakar sih, abis daun dirumah abis. Kaga laaaah. Gaji pertama udah gue putuskan buat beli safety shoes untuk praktek di dapur. Soalnya, harga lumayaaan kalo dibeliin sama orang tua, huhihi.

Sampai jumpa sob!
Tunggu cerita seru gue yang lainnnya B)
Pareng...

1 komentar:

Fizela Qarani mengatakan...

husna..seru banget :)